Pena Populer

Selasa, 10 November 2015

DRAMA KOREA: THE AWL (JTBC)



Satu lagi drama yang diangkat dari Webtoon: ‘The Awl’. Drama ini terinspirasi dari kisah nyata yang terjadi di tahun 2002, dimana para pekerja kontrak suatu perusahaan ritel (semacam carefour) melakukan aksi melawan perusahaan setelah diberhentikan secara tidak adil.

Banyak yang mengatakan kalau drama ini bakal jadi the next misaeng. Vibe nya sama sih, plot ceritanya juga menarik tapi aku yakin baik Misaeng maupun Awl memiliki keunikannya sendiri. Pesan yang ditunjukan dari kedua drama ini sama kuatnya. Semoga di tahun-tahun berikutnya banyak drama dengan tema-tema seperti ini ditayangkan yah ^^.

1.Pemain


Ji Hyun Woo as Lee Soo In
Ahn Nae Sang as Goo Go Shin
Hyun Woo as Joo Gang Min
Yesung as Hwang Joon Chul
Park Si Hwan as Nam Dong Hyuk
Kim Ga Eun as Moon So Jin
Kim Hee Won as Jung Min Chul

2. Jalan Cerita


Para pekerja sering membicarakan ketidaksukaan mereka pada Soo In


Lee Soo In adalah lulusan sekolah militer. Setelah keluar dari militer dia bekerja sebagai manager di sebuah perusahaan ritel. Orangnya sangat kaku, dia termasuk manager yang tidak disukai para bawahannya.

Soo In dan atasannya, Gaston.


Awalnya semua berjalan lancar, Soo In bahkan menjadi karyawan yang disukai oleh atasannya, Gaston. Semuanya berubah ketika perusahaan meminta Soo In dan manager lainnya untuk memberhentikan karyawan kontrak secara ilegal. Soo In adalah satu-satunya yang menolak rencana tersebut.




Soo In kemudian bergabung dengan Serikat pekerja dan membuat orang-orang atas di Perusahaannya semakin berang. Dia pun semakin dikucilkan dan menerima banyak tekanan. Soo In akhirnya bertemu dengan Goo Go Shin, seorang konsultan hukum Perburuhan. Bersama Go Shin inilah, Soo In berjuang melawan perusahaan tersebut.

3. Komentar

Karakter Lee So In: Apabila menurutnya salah maka dia akan berkata salah. Walaupun sikapnya itu selalu membuat dia dikucilkan orang-orang. Seperti yang dia katakan “Sepertinya aku memang terlahir menjadi orang yang dikucilkan”.
Dia ingin seperti orang lain yang bersikap masa bodo dan mengikuti alur yang ada tapi dia selalu tidak bisa menolak kata hatinya. Soo In tidak suka dengan dirinya sendiri yang memiliki rasa keadilan tinggi.
Soo In bertanya pada dirinya sendiri kenapa dia menolak permintaan atasannya

Goo Shin berkata pada Soo In “Ini bukan medan perangmu, kamu tidak memiliki sseuatu untuk kehilangan” (maksudnya, walaupun Soo In tidak membuat serikat pekerja dia tidak akan kehilangan apapun termasuk pekerjaannya, paling dipindah tugaskan ke cabang lain.)

Tapi Soo In berbalik bertanya “Lalu apakah aku harus membiarkan mereka diberhentikan begitu saja? Bukankah alasan Mr. Goo membagi-bagikan kartu nama adalah supaya orang-orang yang memerlukan pertolongan bisa datang menemui anda? Apa yang membuatku tidak bisa melakukan apa yang anda lakukan?”

Bukannya Lee Soo In tidak ingin hidup seperti kebanyakan orang yang mengikuti arus sosial yang ada tapi dia tidak bisa! Dia orang yang berbeda, orang yang tidak bisa pura-pura menutup mata akan apa yang terjadi disekitarnya, sama seperti Mr. Goo. Orang-orang inilah yang disebut ‘Awl’



Episode pertama drama ini dibuka dengan scene Mr. Goo dengan seorang pemulung membangunkan seseorang yang tertidur ditaman (sempat dikira mati, LOL). Pria itu terlihat lusuh seperti gelandangan, Mr Goo menanyakan apakah si pria sudah makan, dan si pria menjawab belum. Mr. Goo pun mengajak si pria makan, disitulah Mr Goo tahu kalau ternyata si pria tidak digaji selama 6 bulan oleh bosnya karena sudah merusak motor perusahaan saat bekerja. Mr. Goo pun membantu si pria menemui si bos dan dengan kecakapannya Mr Goo berhasil membuat si bos merogoh koceknya dan membayar gaji si pria. (Gimana cara Mr. Goo mendesak si bos? Tonton aja ya, asli kocak hahaha)

Mr. Goo dan bos pemilik restoran


Drama ini Keren sejak menit-menit awal loh. Flashbacknya juga gak bikin bingung kok. Ada keterkaitan antara masa lalu Soo In yang di ceritakan dengan emosi yang sedang dialami Soo In saat itu. Misal, ketika Soo In menolak perintah atasannya karena menurutnya melawan hukum, ditampilkanlah cuplikan masalalu Soo In saat di sekolah militer ketika dia juga berani berbicara kebenaran walau harus menentang atasannya.



Beda saat pertama liat Misaeng dimana hampir saja nyerah nonton di episode pertama gara-gara boring (LOL), Awl ini menarik perhatian sejak menit awal. Catat menit awal. Semoga episode-episode selanjutnya tidak mengecewakan.

Ahn Nae Sang, Siapa yang gak kenal om yang satu ini? Aktor senior yang aktingnya gak usah diragukan lagi. Om Nae Sang bener-bener cocok meranin Mr Goo. 10 Jempol buat Om Nae Sang deh!!!!!

I Love u, ajjushi ^^


Berdoa semoga aja Awl gak kayak D-Day yang cuma greget diawal terus kesananya seakan hilang arah tujuan dan bikin penonton boring.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar