Pena Populer

Jumat, 07 Oktober 2016

MANGA BLACK CLOVER

Hasil gambar untuk black clover

Wuih baru nyoba nih baca manga yang udah sekitar setahun lebih ini rilis tiap minggu di Shonen Jump judulnya Black Clover. Temanya Shonen udah jelas dan latarnya adalah dunia sihir. Aku sih awalnya cuma coba-coba aja tapi langsung maraton 80 chapter lol. Manga ini gak sempurna kok banyak kekurangan tapi juga bikin addicted banget (khususnya bagi aku ya).

Begini kisahnya, diceritakan dahulu ada iblis yang mengancam eksistensi manusia. Disaat manusia mengalami keputus-asaan munculah seorang penyihir hebat yang mengalahkan si iblis. Penyihir itu pun akhirnya diangkat menjadi Kaisar Sihir di kerajaan Semanggi (Clover Kingdom). Beberapa dekade terlewati, Clover Kindom sekarang dipimpin oleh Kaisar baru bernama Sir Julius Nova Chrone.
 Hasil gambar untuk julius nova chrono
Julius Nova Chrone

Disisi lain ada 2 orang anak panti bernama Aster dan Juno. Mereka berasal dari desa di lingkar luar Kerajaan yang miskin. Juno ini sejak kecil sudah sangat jenius dalam melakukan sihir sementara Aster tidak pernah bisa melakukan sihir sedikitpun. Namun Aster tidak menyerah demi janji yang dia buat dengan Juno untuk bersaing menjadi Kaisar Sihir selanjutnya. Walaupun Aster tidak memiliki kemampuan sihir dia tetap melatih kemampuan fisiknya.



Setiap anak yang berumur 15 tahun berhak memiliki Grimoire (Grimore: buku/kitab sihir). Dan Grimoire sendirilah yang akan memilih penyihirnya. Pada saat penganugrahan Grimoire, Juno mengejutkan semua orang karena dia mendapatkan Grimoire semanggi daun empat yang legendaris dimana hanya penyihir hebatlah yang dipilih oleh Grimoire semanggi daun empat. Sementara Aster juga mengejutkan semua orang karena dia sama sekali tidak mendapatkan Grimoire lol.

Pada perjalanan pulang, Juno dicegat oleh seorang penyihir bandit yang ingin mencuri grimoire langka milik Juno. Disaat itulah Aster datang menolong Juno. Mereka pun bertarung dengan si bandit dan disaat itu pula Aster mendapatkan grimoire nya. Sebuah grimoire jelek yang sudah usang. Grimoire berdaun semanggi lima. Black Clover. Kemampuan grimoire Aster adalah menetralisir sihir. Dari grimoire tersebut keluarlah sebuah pedang yang bisa digunakan Aster untuk bertarung.

“Sudah kuduga. Tidak mungkin Aster tidak mendapatkan Grimoire” begitulah kata Juno yang memang sangat mempercayai sahabatnya dan juga sekaligus rivalnya itu.


Cerita berlanjut saat Aster dan Juno mengikuti seleksi untuk menjadi Ksatria sihir. Kesatria Sihir terdiri dari 9 Ordo yang masing-masing Ordo dipimpin oleh seorang Kapten dan berada dibawah perintah langsung Kaisar Sihir. Para Kapten Ordo inilah yang nantinya punya peluang besar untuk menjadi Kaisar Sihir selanjutnya.

Kesembilan Ordo itu adalah (sorry kalo ada yang tidak sesuai lol)

1.Ordo Golden Dawn
2.Ordo Silver Eagle
3.Ordo Crimson Lion
4.Ordo Blue Rose
5.Ordo Green Mantis
6.Ordo Purple Orca
7.Ordo Coral Peacock
8.Ordo Blue Deer
9.Ordo Black Bull (ada yang menyebut Black Sheep juga)

Pada saat seleksi untuk menjadi ksatria sihir, para penyihir muda harus mengikuti beberapa tes. Seperti tes terbang, membuat benda melayang, hingga duel 1 lawan satu.
Pada tes terbang dan membuat benda melayang, Aster gagal total karena memang dia tidak punya sihir namun pada duel 1 lawan 1 Aster berhasil mengalahkan lawannya sekali serang. Sementara Juno membuat orang terpukau dengan kemampuan sihirnya dan melakukan ketiga tes dengan sempurna.

Hasil gambar untuk black clover
Hasil gambar untuk black clover

Para Kapten akan memilih para penyihir muda yang diinginkan untuk masuk ke squadnya dengan cara mengangkat tangan. Pada saat nomor peserta Juno disebutkan, seperti yang sudah diprediksi, semua Kapten mengangkat tangan mereka. Dan Juno pun memilih Ordo Golden Dawn. Ordo Golden Dawn adalah Ordo yang memiliki peringkat tertinggi dan yang disebut-sebut paling kuat.
 Hasil gambar untuk black clover chapter 3
Sementara saat nomor peserta Aster disebutkan, sama sekali tidak ada Kapten yang mengangkat tangannya. Kemudian Kapten Yami dari Ordo Black Bull berdiri dan mulai menceramahi Aster. Dia bilang “Tak ada satupun yang menginginkanmu disini karena kau tidak memiliki sihir. Kau bilang kau ingin menjadi kaisar sihir? Itu berarti kau harus melampaui kami bersembilan!”
Aster menjawab “Tak peduli berapa kalipun aku terjatuh. Tak peduli apapun yang orang katakan padaku. Suatu hari nanti, aku akan menjadi kaisar sihir.”
Setelah mendengar pernyataan Aster, Kapten Yami pun tertawa “Kau lucu nak! Bergabunglah dengan Ordo Black Bull. Dan ngomong-ngomong kau tak kuizinkan menolak!” LOL. Dan kemudian dimulailah petualangan Aster dan Juno di Ordo mereka masing-masing.
 Hasil gambar untuk black clover chapter 3
BTW Black Bull ini Ordo yang suka bikin masalah dan berada di peringkat paling bawah dari semua Ordo. Pernah ketika menjalankan misi, mereka malah menghancurkan satu desa dan membuat istana rugi. Alhasil walaupun misi mereka berhasil mereka malah mendapatkan banyak bintang negatif. Bintang negatif itu bernilai minus. Jadi misal kamu udah dapat 5 bintang positif tapi kemudian dikasih 10 bintang negatif maka bintangmu bernilai -5. Dan Ordo Black Bull ini punya 30 bintang negatif. LOL banget kan? Coba bandingin sama Ordo Golden Dawn yang punya 70 bintang. Hasilnya selisih 100 bintang Hahahaha


Baiklah aku akan kenalkan beberapa karakter yang sampai ini aku tahu ya

Ordo Black Bull:
Walaupun Ordo ini sering dianggap remeh, sebenernya anggota BB itu hebat-hebat loh cuma ya kelakuannya aja yang gak waras.

 Hasil gambar untuk black clover
-Yami Sukehiro (Capten). Berperawakan gagah dengan sedikit jambang. Suka merokok dan judi (jangan ditiru ya lol). Kapten Yami bukan berasal dari Clover Kindom. Ketika remaja, kapalnya terdampar karena badai dan dia mencoba untuk bertahan hidup di negeri orang. Dia memiliki kemampuan sihir yang hebat dan tubuh yang kuat sehingga saat Kaisar Julius tidak sengaja bertemu dengannya, dia ditawari untuk ikut seleksi menjadi Ksatria Sihir. Sampai sekarang beberapa kapten masih suka menyebut Kapten Yami sebagai ‘orang asing’ terutama para bangsawan.

-Finral Leulaceis. Dia memiliki sihir ruang, biasa digunakan untuk berteleportasi. Udah kayak supir taksi gitu deh kalo mau kemana-mana pasti langsung nyuruh Finral. LOL. Orangnya penakut, gak suka yang namanya bertarung. Kalo bisa ya mending kabur. Dia juga tipe cowok playboy kelas kakap, kadang kalo mau buat dia semangat cukup disogok pake cewek aja. Hahaha. Dia berasal dari keluarga bangsawan dan adiknya adalah wakil kapten dari Ordo Golden Dawn bernama Rangils. Karena Finral ini penakut dan tidak suka bertarung, dia selalu setengah-setengah dalam melakukan sihir sehingga sihirnya tidak berkembang. Berbeda dengan adiknya yang kemampuan sihirnya dibilang melampaui Finral sang kakak. Pas Finral nanya ke kapten Yami kenapa dia dipilih masuk Black Bull, Yami jawab karena dia butuh kendaraan LOL.


-Gordon Agrippa. Gordon ini ahli mantra. Raut mukanya menyeramkan jadi gak ada yang suka deket-deket sama dia. Belum banyak diceritakan dalam manganya. Dia termasuk orang yang jarang berbaur dengan anggota BB lain walau disalah satu chapter diperlihatkan bahwa sebenarnya dia sangat ingin bergabung dengan yang lain tapi kesulitan harus mulai darimana dan tidak tau cara memulai pembicaraan. LOL. Jangan menilai orang dari covernya, kira-kira gitu lah.

-Magna Swing. Kemampuannya adalah sihir Api. Perawakannya kayak preman. Pake kacamata dan sedikit (?) urakan. Hahahaha. Pada saat Aster pertama kali datang, Magna langsung menantang Aster untuk bertarung. Setelah Aster berhasil mengembalikan serangannya, Magna pun langsung mengakui kemampuan Aster. Orangnya setia kawan menurutku dan selalu membantu Aster beradaptasi.


-Vanessa Enotecha. Kemampuannya adalah String-magic. Dia mengendalikan benang-benang dengan sihirnya. Penampilannya sangat sexy, sering berpakaian bikini saat dimarkas. Tukang mabuk dan ngegodain om-om buat dapat minuman gratis. Tipe jablay gitulah hahahaha. Katanya dia kabur dari rumah. Emang sih Black Bull itu isinya orang-orang gak waras semua lol


-Lakk Voltia. Dia ini punya sihir sensor. Dia juga agak psiko hahaha. Pas tes ksatria sihir, dia hampir ngebunuh lawan tandingnya. Semakin kuat lawan yang dia temui, maka semakin bahagia dia. Bagi dia bertarung ada hal yang sangat sangat sangat menyenangkan. Apalagi bertarung dengan penjahat karena tidak ada masalah kalo sampe dia membunuhnya. Serem kan? Tapi Lakk ini perawakannya gak preman kok. Keliatan normal dan menyenangkan. Cuma sifatnya aja yang psiko abis. Kalo kata Kapten Yami “Kalo kamu tidak gila, pasti semua ordo menginginkamu bergabung”


-Gauche Audrei. Dia ini pengguna sihir cermin. Mantan napi yang melarikan diri dari penjara dan kemudian bertemu dengan Yami. Yami menyarankan Gauche untuk ikut seleksi ksatria sihir karena nantinya dia akan punya penghasilan sendiri. Gauche orangnya cukup sadis dan gak percaya sama orang lain selain adiknya tercinta, Mary. Dia ini tipe siscon (pencinta adik) banget. Jangan ada yang berani menyakiti atau ganggu adiknya karena kalian pasti akan langsung dibunuh sama Gauche hahahaha

-Charmy Babinettson. Sihirnya sihir kambing. Gimana ya jelasinnya....jadi si kambing sihir ini bisa disuruh masak ataupun menyerang lawan lol. Kekuatan sihir Charmy ini kehitungnya besar loh terbukti pas teroris nyerang kastil. Cuma ya yang ada di otak Charmy ini cuma MAKANAN dan MAKANAN. Apapun keadaannya bahkan saat bertarung pun dia cuma mikirin makanan. Suap aja Charmy sama makanan pasti apapun dia akan lakukan. Badannya kecil, sering diledek sebagai anak kecil padahal umurnya 17 th. Dia jatuh cinta sama Juno, mereka ketemu pas teroris penyerang kastil. Dan dia manggil Juno dengan sebutan Prince of the meal. LOL


-Gray. Dia adalah ahli sihir penyamaran. Dia tidak pernah menunjukan wajah yang sebenarnya karena dia sangat pemalu. Jadi pas muncul biasanya dia suka memakai wajah anggota lain misal wajahnya Finral atau wajah Charmy. Di chapter 79 apa 80 gitu, Gray untuk pertamakalinya menunjukan wajah asli dia karena mana miliknya terkuras habis pasca pertarungan. Dan diketahui kalau Gray adalah seorang gadis kawai yang sangat pemalu lol. Finral yang playboy pun kegirangan hahaha.


-Noelle Silver. Anggota tahun pertama seperti Aster. Dia adalah keturunan bangsawan murni. Saudaranya adalah para pemimpin ordo Silver Eagle (Nozel Silver, Nebra Silver, Solid Silver). Karena Noelle tidak bisa mengendalikan kekuatan sihirnya, keluarga Silver menganggap kalau Noelle adalah aib keluarga. Dan dia selalu mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan dari saudara-saudaranya. Awalnya Noelle bersikap seperti kebanyakan bangsawan, sombong dan penuh harga diri. Tapi sejak masuk Black Bull dan bertemu dengan Aster dia berubah. Noelle masih belajar untuk mengendalikan kekuatannya dibantu oleh anggota black Bull yang lain. Kekuatannya adalah kekuatan sihir Air. Dia digambarkan menyukai Aster.


-Aster. Seorang yatim piatu yang dibesarkan di sebuah gereja di wilayah lingkar luar kerajaan. Tidak memiliki kekuatan sihir sama sekali namun dipilih oleh grimoire semanggi daun 5. Orangnya tidak kenal kata menyerah. Seperti kebanyakan anggota lainnya, Aster dipilih masuk Black Bull karena gak ada Ordo lain yang mau menampungnya hahahaha berasa banget ya Black Bull ini Ordo buangan. LOL.



Ordo Golden Dawn
Ordo ini adalah ordo yang diakui paling hebat. Dan di isi oleh orang-orang hebat pula. Bisa masuk Ordo ini adalah kebanggaan tersendiri bagi ksatria sihir.

-William Vangeance. Kapten Golden dawn ini selalu memakai topeng setengah wajah. Kemampuannya adalah sihir tanaman yang luar biasa. Dia juga salah satu pemilik grimoire semanggi daun empat seperti Juno. Orang-orang mengatakan bahwa Vangeance adalah kandidat terkuat untuk menjadi Kaisar Sihir selanjutnya.


-Rangils Leulaceis. Adik dari Finral ini menjabat sebagai wakil kapten. Sifatnya sangat sombong dan selalu merendahkan/membenci kakaknya. Karena kakaknya yang lemah dia harus jadi tulang punggung dan harapan keluarga.

-Mimosa Vermillion. Gadis dengan kemampuan sihir penyembuh. Dia adalah bangsawan dari keluarga Vermillion (penguasa Ordo Crimson Lion). Dan juga sepupu Noelle. Mimosa dan Noelle juga merupakan teman sepermainan dan pada salah satu chapter Mimosa mengatakan kalau dia sangat respect sama Noelle karena walaupun Noelle selalu direndahkan oleh keluarganya dia tetap tegar. Dia juga jatuh cinta pada Aster setelah bertemu dengannya di pertarungan dugeon. Wah laris manis nih Aster dikalangan cewek-cewek.

-Clause Lunette. Kekuatannya sihir baja. Muncul pertama saat di pertarungan dugeon. Awalnya sebagai bangsawan dia sangat merendahkan Aster dan Juno karena latar belakang mereka yang anak yatim dari desa miskin. Namun setelah melihat sendiri kemapuan keduanya dia merasa menyesal dan kemudian merubah sikapnya.

 Hasil gambar untuk black clover
-Juno. Sahabat Aster yang bersaing untuk menjadi Kaisar Sihir. Bayi Juno dan Aster ditinggalkan di depan gereja dihari yang sama. Sebenernya aku penasaran sama asal-usul dari Juno dan Aster. Mungkin gak sih mereka berdua ini berasal dari keluarga bangsawan atau ada rahasia lain dari kelahiran mereka.
Juno sudah jenius sejak kecil tapi dia tidak pernah menyombongkan diri di depan Aster. Karena Juno sangat menghargai Aster sebagai sahabat sekaligus rivalnya. Juno memiliki kekuatan sihir angin dan memiliki grimoire semanggi daun empat yang legendaris.

Anggota lain masih belum dimunculkan.

Ordo Silver Eagle


-Nozel Silver. Kapten Silver Eagle ini sifatnya benar-benar sombong. Sebagai bangsawan dia sangat senang merendahkan orang yang tidak sederajat dengannya. Bahkan sikapnya terhadap adiknya sendiri, Noelle, juga sangat buruk. Pokoknya yang aku perhatiin, dia itu karakter paling menyebalkan >.<
Tapi kayaknya semua keluarga silver memang nyebelin (kecuali Noelle yg udah berubah) atau mungkin belum ditunjukin aja kebaikannya sama sensei.
Kekuatannya adalah sihir logam perak. Nozel adalah kakak pertama Noelle.

-Nebra Silva. Sama nyebelinnya. Kakak perempuannya Noelle. Anak kedua keluarga Silver.

-Solid Silva. Sama nyebelinnya. Kakak laki-laki kedua Noelle. Anak ketiga keluarga Silver.

Anggota lain masih belum dimunculkan.

Ordo Crimson Lion


Hasil gambar untuk fuego leon black clover

-Fuego Leon Vermillion. Kapten yang bijak dan baik hati. Dia adalah salah satu kapten yang membela Aster dan Noelle saat dinistakan (lol) aka direndahkan oleh keluarga Silver yang mulutnya busuk banget (masih sebel). Saat kastil diserang teroris, dialah yang mengajarkan Aster untuk tetap tenang dan berfikir saat bertarung. Aster pun menganggap Kapten Fuego ini sebagai gurunya. Kekuatannya sihir Api.



-Leopold Vermillion. Masih dari keluarga Vermillion dan menganggap Kapten Fuego sebagai guru yang dia hormati. Dia juga selalu terlihat bersemangat dan langsung mengumumkan diri menjadi rival Aster karena mengagumi semangat bertarung Aster. Kekuatannya adalah sihir Api.

Keluarga Vermillion emang asik-asik orangnya. Walaupun bangsawan tapi gak sombong. Anggota lain belum dimunculkan.

Ordo Blue Rose



-Charlotte Rosary. Kapten wanita yang selalu mengatakan bahwa dia tidak butuh laki-laki. Tapi sebenarnya memendam perasaan cinta sama Kapten Yami. LOL. Lain dimulut lain dihati ya mbak?

Ordo Green Mantis.
Hasil gambar untuk jack the ripper black clover

-Jack The Ripper. Kapten sadis ini selalu bersemangat saat melawan penyihir kuat. Mirip kelakuannya Lakk lol. Di salah satu chapter dia bilang ingin motong-motong tubuh Yami hahahaha

Ordo Coral Peacock



-Dorothy Ansoit. Kapten wanita Coral Peacock yang selama pertemuan kapten malah tidur pulas. Sepertinya hobby dari kapten Dorothy adalah tidur dimanapun dan kapanpun. LOL.

Ordo Purple Orca



-Geldor Boizott. Kapten Purple Orca yang disalah satu chapter diketahi sebagai orang korup yang membuat teroris bisa masuk ke wilayah kastil dan berhasil ditangkap oleh kapten Lil Bowamoltie dengan sihir lukisnya.

Ordo Blue Deer
Hasil gambar untuk lil bowamoltie black clover

-Lil Bowamoltie. Dialah kapten termuda sepanjang sejarah ksatria sihir. Diusianya yang 18 tahun dia sudah jadi kapten. Dia mengatakan, sebagai yang paling muda sangat sulit untuk berkomunikasi dengan kapten lain. Dia juga suka berusaha mencairkan suasana suram yang dikeluarkan kapten lain walau guyonannya selalu gagal. Kekuatannya sihir lukis.

Lalu siapakah musuh dari anime ini?

Sebenernya anime ini ngingetin aku sama Bleach dan ada juga yang bilang ngingetin Naruto. Tapi menurutku lebih mirip Bleach sih hahahaha. Sembilan Ordo ini kalo di Bleach semacam gotei 13. Dan masing-masing dipimpin oleh Kapten.


(Licht, pemimpin teroris)
Kemudian dari sisi antagonisnya. Kaisar sihir menyakini kalau ada mata-mata yang bersekongkol dengan para teroris yang ingin mendirikan kerajaan baru. Di Bleach tentu kita tau ada Aizen yang ingin menghancurkan dunia dan mendirikan kerajaannya sendiri. Dan Kapten Aizen juga mata-mata di gotei 11 kan? Banyak yang menduga kalau pengkhianat Clover Kingdom adalah Kapten Ordo Golden Dawn, William Vangeance. Benarkah?

Kalo dipikir-pikir lagi, Black Clover ini ceritanya kurang orisinil ya. Mirip beberapa anime lain di berbagai sisi. Tapi aku sih orangnya gak terlalu peduli, sampai chapter 81 ini aku masih suka kok. Sama halnya kayak Bleach yang di kritik sana-sini tapi aku tetep cinta banget sama Bleach *curcol*

(Ksatria Sihir Diamond Kingdom)
Selain dirongrong dari dalam oleh kelompok teroris, Kerajaan Clover juga dirongrong oleh Kerajaan tetangga bernama Kerajaan Diamond. Kerajaan Diamond ingin menginvansi Kerajaan Clover dan mengambil sumber dayanya. Wah pokoknya ini ksatria sihir pada sibuk musuhnya dimana-mana.

16 komentar:

  1. Yg penting mah ceritanya seru bodo amat kata orang gua mah
    Tetep aja paling kesel kalo ceritanya ke ulang ulang ��

    BalasHapus
  2. Makasih buat review nya min, jadi makin suka sama anime nya

    BalasHapus
  3. Msh penasaran dngn kekuatan tersembunyi aster dan grimoire black clover ny.. Tlong bntu cari info nya donk..

    BalasHapus
  4. Msh penasaran dngn kekuatan tersembunyi aster dan grimoire black clover ny.. Tlong bntu cari info nya donk..

    BalasHapus
  5. Msh penasaran dngn kekuatan tersembunyi aster dan grimoire black clover ny.. Tlong bntu cari info nya donk..

    BalasHapus
  6. Si pemimpin teroris itu dari wajah dan matanya mirip sama william v. (Kapt. Goldeb dawn)

    BalasHapus