Pena Populer

Senin, 02 Mei 2016

AADC2 : JAHATNYA RANGGA DAN LABILNYA CINTA (FULL OF SPOILER)


Bandara dan udara memisahkan New York dan Jakarta
Resah di dadamu dan rahasia yang menanti di jantung puisi ini dipisah kata-kata.
Begitu pula rindu, hamparan laut dalam antara pulang dan seorang petualang yang hilang.
Seperti penjahat dan kebaikan dihalang uang dan undang-undang

Seorang ayah membelah anak dari ibunya dan sebaliknya.
Atau senyummu, dinding di antara aku dan ketidakwarasan.
Persis segelas kopi tanpa gula menjauhkan mimpi dari tidur.
               
Apa kabar hari ini?
Lihat tanda tanya itu!
Jurang antara kebodohan dan keinginanku memilikimu sekali lagi.


Begitulah sedikit penggalan puisi yang katanya ditulis Rangga di pesawat pas dia balik ke Jakarta setelah 14 tahun disana. Puisi yang akhirnya mendarat dengan selamat di tangan Cinta. Yang aslinya adalah puisi buatan Aan Mansyur dan kumpulan puisinya bisa kita beli di toko buku terdekat hehehe.

Dengan banyaknya spoiler di medsos (but, I love spoiler. LOL) akhirnya saya nonton juga film ini (Cieeee bahasanya Dini sok formal banget. Iyalah ya efek dari filmnya hahaha). Gimana ya....dari segi cerita tidak sesuai ekspektasi, terlalu klise dan ‘bodoh’.

Kira-kira begini ceritanya: Cinta dan Rangga pacaran LDR selama 4 tahun dari 2002 sampai 2006. Kemudian pas 2006 cinta ada kesempatan liburan keluarga ke NY dan akhirnya mereka ketemu disana. Sekembalinya Cinta ke Indonesia, si Rangga malah terkesan menjauhi Cinta dan akhirnya Rangga mutusin Cinta lewat surat yang bahkan selembar aja gak penuh. LOL. Rangga is the worst man ever! JAHAT!
9 Tahun kemudian, si Rangga balik ke Indo. Rencananya mau nemuin Cinta dan jelasin semua tapi cinta udah pindah rumah. Akhirnya dia pergi ke Jogja buat nemuin ibunya yang 25 tahun udah ninggalin dia. Di Jogja Rangga gak sengaja ketemu Cinta dan mereka akhirnya menghabiskan 24 jam bersama.

Oke sampai disitu aja dulu. Narik nafas dulu. Keluarkan. Gue sempet becandaan bilang “mending judulnya ganti deh jadi “24 jam bersama Rangga dan Cinta” Hahahaha

Cinta ceritanya udah punya tunangan loh namanya Trian. Dan mereka sudah serius untuk menikah. Namun semuanya hancur cuma gara-gara Cinta gagal move on setelah jalan bareng Rangga sehari semalem (gue ketik lagi gede-gede SEHARI SEMALEM setelah 9 tahun hiatus. Berasa lagi ngomongin idol yak hiatus). Cinta sangat labil sekali temans. Tapi....mungkin bener kata Trian yang bilang gini “Jadi Rangga yang LEGENDARIS di hidup kamu itu sudah kembali!”. Ya! Rangga terlalu LEGENDARIS buat Cinta. Dan Trian hanya pelarian saja.

Kalau gue jadi Cinta (Eaaakkk) selegendaris apapun Rangga, gue gak yakin buat balik lagi sama dia. Gelaaaa....diputusin cuma lewat surat yang kira-kira ada 3 kalimat terus selama 9 tahun pasca putus gak ada kejelasan sama sekali kenapa si Rangga mutusin gue (eh cinta). Terus tiba-tiba si Rangga muncul, nyulik gue ke gunung. Terus pas mau balik ke NY dengan egoisnya dia bilang “Jangan bilang apa yang terjadi di Jogja gak ada apa-apanya buat kamu!” WTH gue gampar juga nih laki hahahaha. Dari awal AADC 1 sih emang Cinta yang selalu maju duluan buat Rangga. Yah, aku suka Rangga karena Nico ganteng (Loh), puitis, misterius, dingin. Tapi kalo aku nemuin dia di dunia nyata bakal frustasi juga sih.

Aku suka kata-kata Cinta yang ini: “Dulu kalo kamu (Rangga) bingung nyenengin. Sekarang...nyebelin” kalimat itu memang pas buat Rangga. JAHAT.

Oke itu unek-unek aku.

Lanjut ke yang positifnya deh.

Cinematografi. OMG SUKAAAAA BANGEEETTTT
Cara ngambil gambar juga mantap. Keindahan Jogja dan New York terlihat lebih romantis. Pokoknya keren.

Genk Cinta. Gak ada yang berubah dari mereka. Terutama Milli. Suka banget sama karakter Mili yang jadi pemecah tawa karena ke-TELMI-annya.
Cinta: Rangga itu udah jadi arsip!
Mili: masih lo simpen dong!
Cinta: Kalo gitu, dia itu Prasasti!
Mili: Ada di museum kan!
(LOL)
Sayang banget Alya gak ada. Dia diceritakan meninggal karena kecelakaan 5 tahun yang lalu. Huhuhhuhu. Alya adalah orang yang paling mengerti Cinta, orang yang selalu ngasih saran dan dorongan buat Cinta. Setelah Alya meninggal sepertinya Karmen di dorong sebagai karakter yang mendekati karakter Alya. Karmen ikut mengisi karakter Alya di AADC2 ini.
Karakter Maura yang cantik dan perfectionis juga gak ada yang berubah. Genk Cinta melakukan pekerjaan yang luar biasa di AADC2.
Ah Iya, ingat Mamet? Yang tergila-gila ngejar Cinta. Sekarang dia udah nikah loh, sama....Mili. Hahahahaha. Nonton AADC2 ini nostalgia banget sama AADC1 di mention juga lagu dari band favoritnya Cinta ‘Pas Band’.

Puisi. Ya ampun, cirikhas dari AADC adalah penggunaan bahasa baku dan juga puisi-puisinya. Dulu kumpulan puisi AKU juga ngehits banget. Sekarang kumpulan puisi ‘Tak Ada New York Hari Ini’ juga tak kalah ngehitsnya.
Ibaratnya, keberadaan puisi di AADC itu udah seperti nyawa film ini. Kalau gak ada puisi, bukan AADC namanya.
“Kau yang hangat dikening. Kau yang dingin di kenang.”
Aku bahkan sampai inget beberapa dialog karna memang quote-able banget.

Chemistry. Walaupun 14 tahun berlalu, chemistry antara Nico dan Dian gak ada matinya. Superb. Manis. Ah.....baper. Disamping kekesalan gue tentang kelabilan cinta (yang udah gue uraikan diatas), sisi lain dari labilnya cinta ini kok gemesin ya.

Kayak scene pas genk ngasih tau Cinta kalo Rangga ada di Jogja dan pengen ketemu. Awalnya dia kayak yang gak mau gitu tapi ujung-ujungnya dia kepo juga. LOL.

Terus scene pas Cinta abis nampar Rangga. Ampun labil sekali. Kirain beneran mau pergi, eh malah balik lagi. “Maaf ya tadi kebawa emosi. Setelah dipikir-pikir kita baikan aja lah ya!” Terus gue yang heboh sendiri saking bapernya nge-cieeee-cieeee-in mereka.

Ini rangga ngegombalnya juga pinter hahahaha
Pas scene di kedai kopi.
“Timingnya aja yang gak pas. Aku kan kesini mau ngomongnya sama kamu (Cinta) bukan sama dia (tukang bikin kopi)” terus cintanya mesem-mesem /gue yg nonton juga ikut mimisan/

Scene di tukang sate
Cinta: kamu udah punya pacar?
Rangga: *diem*
Cinta: Masa sih selama ini gak punya pacar.
Rangga: Ada sih tapi putusnya udah 2 tahun yang lalu.
Cinta: orangnya kayak gimana?
Rangga: Kayak kamu. (Cieeeee gue keselek popcorn)
Cinta: Ih, kayak aku gimana? (senyam-senyum)
Rangga: Enggak deh. Ternyata dia bukan kamu.
Cinta: asdfghjkl /gue bisa liat cinta melayang-layang.LOL/

Karakter Rangga ini emang nyebelin banget sumpah asli demi apapun. Tapi dia itu punya kharisma yang tiada dua. Suka sama Rangga itu bakal kayak roller coaster, naik turun. Kadang nyebelin, kadang sweet. Kadang dingin, kadang hangat.

Ya sepertinya kita harus menghargai keputusan Cinta untuk kembali menemui cintanya yang sempat lama menghilang. Mungkin memang ada orang-orang seperti cinta yang mencintai Rangga dengan bodoh. Memaafkan dengan mudah, melupakan sakit yang sempat menyiksa dan menukarnya dengan berada disisi Rangga. Cinta itu selalu menemukan muaranya. Unek-unek gue yang paling atas mungkin saja memang tidak berguna untuk orang-orang seperti Cinta yang mencintai seseorang dengan bodohannya.


Well, Happy Ending untuk Rangga dan Cinta. Gue sebagai AADC fans cuma mau bilang makasih sama Miles Production yang sudah mau bikin sekuel Film favorite gue ini walau harus nunggu 14 tahun. Nuhun pisan. Ditunggu karya-karya Miles selanjutnya. Film Indonesia Semangat Berjuang!!!!

2 komentar:

  1. hehehe manteps saya lihat aadc2 udah 3x gaada bosennya paling suka sama karakter milly lucuuu :D

    BalasHapus
  2. hehehe manteps saya lihat aadc2 udah 3x gaada bosennya paling suka sama karakter milly lucuuu :D

    BalasHapus