Pena Populer

Kamis, 23 Maret 2017

GINTAMA: ANIME ABSURD PENUH PESONA



Setelah melewati masa-masa pertimbangan yang cukup panjang akhirnya gue memutuskan untuk nonton anime ini. Bah. Anime yang menimbulkan banyak pertanyaan sebelum gue nonton dan menimbulkan lebih banyak pertanyaan lagi bahkan setelah gue nonton.

Pertanyaan yang sering muncul dibenak gue sebelum nonton anime ini adalah:

Gue: Anime ini ceritanya apaan sih? Kayaknya gaje ya?

Temen: Negeri samurai dijajah alien. Terus ada cowok pengangguran yang dulunya samurai namanya Gintoki. Dia punya usaha namanya Yorozuya, semacam usaha serabutan yang mau ngelakuin apapun asal dibayar. Terus…Gintoki ini hobby banget ngupil dan ngutang. Dia punya diabetes dan suka males-malesan sambil baca majalah JUMP ….blablabla

Gue: *Hening*

Temen: Bagus kok banyak yang suka. Gintama juga suka ngeparodiin anime lain.

Gue: berapa episode?

Temen: Ratusannnn (niruin iklan coklat di tipi)

Gue: *kembali hening*

(saat tulisan ini dibuat, Gintama memasuki ep 327-red)

Bagi orang awam kayak gue pasti mikir kalo anime ini gak punya garis cerita yang jelas. Benarkah? Kembali bertanya-tanya. Tapi setelah nonton, pemikiran gue berubah 180 derajat. Anime ini AJAIB.

Gintama bukan anime berjumlah ratusan episode pertama yang gue tonton. Sebut saja Bleach, Conan, Fairy Tail, dan Prince of Tennis yang ngabisin 16G kuota gue hiksss. Puhlis gue belum nonton Naruto atau One Piece maaf cuma nonton pas nongol di tipi aja hahaha

Balik lagi ke Gintama. Anime ini adalah anime terabsurd dari semua anime yang pernah gue tonton. Tapi Ajaibnya gue juga terpesona karenanya. Eaaakkkk. Komedi Gintama itu beda dari yang lain. Nyeleneh dan kadang bikin gue gagal paham terus komen “sungguh tiada berfaedah”. Ya elo bayangin aja pernah disuatu episode cuma ngomongin upil, yang tentu aja menurut gue sungguh tiada berfaedah. Ada juga scene yang ngabisin waktu 15 menit cuma ngeliat Gintama lagi reupreupan (mitos ketindih jin/setan saat tidur), atau satu episode full nyeritain mimpi absurd Kagura sama Sougo. Dan banyak lagi episode-episode absurd lainnya yang lagi-lagi tiada berfaedah untuk diceritakan. LOL.

Menanggapi ke-absurd-an anime ini tidak cukup hanya dengan modal elo peka sama lawakan. Saran aja nih, paling enggak elo harus tau atau nonton anime-anime lain sebagai referensi karena bakal banyak yang diparodiin Gintama. Jadi gak disarankan bagi yang pemula banget, nanti bisa-bisa kalian ketawa-ketiwi doang tapi sebenernya gak ngerti apa yang mereka omongin. Sayangilah gigi kalian, supaya gak kering sia-sia.

Jadi Dini, kenapa sih kita kudu wajib harus nonton anime absurd kayak gini?

Kalo kalian nanya gitu, mungkin kita bisa mulai uraikan satu persatu kelebihan Gintama atau kita patahkan dugaan-dugaan yang mengatakan kalo Gintama ini anime gajebo (gak jelas booo).

1. Cerita yang unik

                Latar Gintama mengambil latar waktu di jaman Edo. Sekitar abad ke 18, Amerika datang dan melakukan modernisasi Jepang yang membuat Pemerintahan Samurai jatuh. Oke jangan terlalu serius bacanya apalagi langsung nanya mbah gugel! Kita akhiri disini! Karena yang datang ke zaman Edo-nya Gintama bukan Amerika tapi Alien bernama Amanto. Sudah jangan dibikin pusing! Ini hanya fiktif belaka!

                Pakaian yang digunakan para karakternya masih sangat tradisional. Namun kalian bisa menemukan Handphone, mobil yang bisa terbang, gedung bertingkat, pesawat luar angkasa, toilet duduk dan alat-alat elektronik canggih lainnya. Jelaslah bahwa semua itu adalah teknologi yang dibawa oleh penjajah galaksi, Amanto. Kalian bisa melihat dua sisi; modern dan tradisional secara bersamaan.

                Masuk ke cerita, Ketika Amanto pertama menyerang bumi (Edo), Gintoki dan rekan-rekannya ikut perang melawan Amanto yang disebut perang Joui. Namun para Samurai kalah telak dan banyak teman-teman Gintoki yang meninggal di medan perang. Setelah Edo berhasil dikuasai Amanto, muncul peraturan yang melarang penggunaan pedang. Hal itu membuat para samurai kehilangan kendali. Banyak Dojo yang ditutup dan banyak para samurai yang jadi pengangguran. Salah satunya Gintoki yang madesu.

2. Karakter yang Ajaib

                Tak kenal maka tak sayang. Yuk kenalan sama karakter-karakter ajaib yang ada di Gintama.

a. Sakata Gintoki


                Sekilas dengan melihat wajahnya di foto, Gintoki adalah sosok yang keren, gantenglah ya buktinya banyak yang naksir, pinter beladiri udah pasti karena dia salah satu samurai terkuat dan punya julukan white demon (shiroyasha). Wuih dari julukannya aja udah keren badai. Tapi ketika dia mulai ngupil dan nempelin upilnya disembarang tempat, musnahlah semua pujian gue. 
1.
 2.

Suka sama Gintoki itu ibaratnya kayak makan permen nano-nano, kadang dia itu keren banget kece luar biasa kadang dia juga bikin illfeel setengah mati.

                Gintoki ini punya rambut berwarna perak. Karena gue sedikit buta warna (-,-), gue pikir itu warna biru tosca. lol Entahlah. Berperawakan tegap dengan tinggi badan 177cm, cowok libra yang satu ini doyan banget sama yang manis-manis padahal sudah dilarang sama dokter karna gula darah tinggi tapi tetap saja masuk kuping kiri keluar kuping kanan. Gin-chan juga suka banget sama susu strawberry bahkan kolornya pun bermotif strawberry. Dia juga mengaku jadi pelanggan setia majalah JUMP selama 20 tahun.
(kolor rasa eh motif strawberry)

                Diluar ke-absurd-an tingkahnya, Gintoki adalah orang yang sangat setia kawan dan tidak pernah setengah-setengah dalam melakukan pekerjaan. Dia sering mengatakan kalo dia sama sekali tidak peduli dengan Negara ataupun Amanto, alasan dia berjuang selama ini tidak pernah berubah adalah untuk melindungi teman-temannya.  Gintama membuka sebuah usaha bernama Yorozuya yang  menerima pekerjaan apapun asal dibayar termasuk jadi lady boy ‘lol’. Dibantu oleh  dua orang anak -yang terjebak bersama om-om madesu-Kagura dan Shinpachi.

Yorozuya ^.^

b. Shinpachi

                Bisa dibilang, Shinpachi adalah karakter utama paling waras di anime ini. Sedih memang. Dia itu kayak orang polos yang teriak-teriak ngomentarin ke-absurd-an makhluk-makhluk disekitarnya. Tapi kertas putih kalo temenan sama tinta gurita pasti tetep kotor juga. Ya kadang dia juga kebawa suasana ikutan gila.

                Perawakannya kayak cowok-cowok kuper gitu, pake kacamata dan terlihat alim. Shinpachi ini punya dojo peninggalan ayahnya, Dojo Kodokan eh Koudoukan. Tapi dojo-nya bangkrut dan dililit utang. Karena perihal utang inilah yang akhirnya mempertemukan Shin-chan dengan Gin-chan. Gintoki nyelamatin kakaknya Shinpachi yang mau dijual sama Amanto buat nutupin utang. Ah sebenarnya bukan gitu juga, Gintoki awalnya sama sekali gak ada niatan buat nyelamatin Cuma keadaannya berubah jadi gitu deh. Gara-gara kejadian itu, Shinpachi respect sama Gin-chan dan ngerasa menemukan sosok samurai yang sesungguhnya di diri Gintoki (no comment-red).

(Otae Shimura, Kakak Shinpachi)

                Shinchan ini sayang banget sama kakaknya, karena dari kecil dia di urus sama si kakak. Dia gak peduli orang-orang nganggap dia siscon. Ngefans berat sama penyanyi Otsu-chan dan bahkan jadi ketua Fandom Otsu se-Edo. Tipe otaku idol garis keras deh, siap mati demi Otsu-chan hahaha.
(Shinpachi, ketua fanclub otsu-chan)

c. Kagura

                Wajahnya terlihat polos dan lugu, itulah kesan pertama saat ngeliat cewek ABG yang satu ini. Namun lagi-lagi jangan tertipu! Dia adalah tipe sadistic yang tidak segan-segan menghajar siapapun. Ciri khas Kagura adalah pakaiannya yang bergaya china serta payung yang selalu dia bawa-lebih tepatnya senjata.   Kagura berasal dari planet Yato, planet yang katanya diisi oleh orang-orang barbar, sadis dan haus darah. Setelah ibunya meninggal, Kagura pergi ke Bumi untuk membuktikan diri kalo dia berbeda dengan orang Yato yang suka membunuh. Dia ingin menggunakan kekuatannya untuk membantu orang lain bukan untuk menghancurkan. Ah mulia banget ya.
(Kagura ketika kehilangan kendali di Yoshiwara Arc)

                Saat di bumi itulah dia bertemu dengan Gintoki dan Shinpachi dalam sebuah peristiwa yang lagi-lagi cukup absurd. Kagura suka sekali makan, dia punya perut yang besar yang bisa menampung puluhan piring nasi. Iya iya udah gak wajar. Cemilan favoritnya adalah rumput laut. Dulu dia punya peliharaan namanya Sadaharu No.1 yang mati ketindih badan dia pas tidur. Semua peliharaan Kagura selalu berakhir tragis karena kekuatan Kagura yang kadang tidak bisa dikendalikan. Sampai akhirnya Kagura bertemu dengan seekor anjing raksasa yang suka ngemut kepala orang kayak lollipop. Anjing itu kemudian dia beri nama Sadaharu No.28. Sadaharu pun secara tidak langsung menjadi anggota ke-4 Yorozuya.
 (Sadaharu ngemut pala gintoki)
 (Sadaharu ngemut pala Katsura)
(Sadaharu ngemut pala Sougo)

               Ayah Kagura bernama Umibozou (sumpah gue langsung inget Otani sama Risa ‘Lovely Complex’ hahaha). Umibozou ini seorang Alien Hunter terkenal. Apa bedanya Alien sama Amanto? Tonton sendiri Arc-nya ya! Kagura juga punya seorang kakak laki-laki bernama Kamui, yang di anime ini berperan sebagai salah satu antagonis utama bersama Takasugi. Kagura selalu menyebut Kamui dengan sebutan ‘baka aniki’ (stupid brother) dan berharap agar kakaknya dapat hidayah dari yang maha kuasa untuk kembali ke jalan yang benar. Amin.
(Kamui, Kagura, Umibozou)

Masih banyak karakter Ajaib lainnya yang akan gue bahas di PART KEDUA nanti.

3. Komedi Absurd

                Udah gue sebutin tadi kalo komedi di Gintama ini beda, nyeleneh, unik, eksentrik. Kadang butuh pemahaman ekstra untuk ikut memahami jalan pikiran para karakternya. Ada kalanya kalian bakal terdiam saking tiada berfaedahnya lelucon mereka.

4. Karakternya sadar kalo mereka adalah tokoh anime

                Gintama cs sadar kalo mereka adalah tokoh anime. Mereka sering baca surat pembaca, ngomongin soal rating yang turun, cerita atau guyonan yang ngebosenin, bahkan mereka ikut memikirkan gimana caranya mendongkrak popularitas Gintama supaya bisa menyaingi popularitas One Piece atau Bleach. Absurd? Ya begitulah.

5. Parodi oh Parodi
(Gintama, parodi Dragon Ball)
                Gintama senang sekali memparodikan anime-anime lain. Karena alasan hak cipta kebanyakan mereka memparodikan anime yang berasal dari majalah JUMP (satu naungan). Tapi kadang mereka kebablasan memparodikan anime dari penerbit lain dan berujung teguran. Gintama paling sering memparodikan Dragon Ball. Ada juga Yamazaki (anggota shinsengumi) yang bermain badminton pake seragam Ryoma Echizen (prince of tennis) sambil bilang “mada mada dane” (kalimat favorit Ryoma di POT).
(Yamazaki, bermain badminton dengan gaya Prince of Tennis)

6. Waktunya Serius

                Siapa bilang kalo Gintama ini Cuma anime komedi gak jelas hah? *kemudian gue angkat tangan.LOL*

                Anime ini punya sisi seriusnya juga. Beberapa Arc bahkan bikin gak kedip, adapula yang menguras hati *ngelap ingus*. Cerita utama Gintama adalah, hubungan dia dengan teman-teman seperjuangannya yang salah satunya menjadi antagonis anime ini dan rahasia kematian gurunya (jreng jreng jreng-backsound music). Gintoki memiliki beberapa teman seperjuangan saat masih jadi samurai mereka adalah Katsura Koutarou (Sekarang: Ketua organisasi Teroris Joui), Sakamoto Tatsuma (Sekarang: Pedagang antar Galaksi), Takasugi Shinsuke (Sekarang: Ketua organisasi Kiheitai, antagonis utama di anime ini), dan Kurokono Tasuke (gue belum tau dia kayak apa, belom nonton sampe situ,lol).
 (Katsura, buronan yang jago menyamar)
 (Sakamoto, Pedagang yang suka hura-hura)
(Takasugi, Antagonis yang ingin menghancurkan Edo)
(Kurokono, si misterius)

                Arc Yagyu Kyubei, Arc Benizakura, Arc  Okita Mitsuba, Arc Shinsengumi Crisis, Arc Yoshiwara, dan Arc Kabukichou 4 Devas adalah beberapa contoh arc serius dari anime ini. Walaupun masih diselingi komedi-komedi khas Gintama tapi dalam Arc ini Gintama cs jadi terlihat lebih menjanjikan dan keren loh. Gintama cs harus berjibaku bertarung menghadapi lawan kuat dan membuat mereka akhirnya mirip dengan hero-hero di anime lain kkkkkkkk. Tak jarang banyak pesan positif yang coba disampaikan mangakanya (walo yang tiada berfaedah juga sama banyaknya *wink*)

7. Ginpachi Sensei


                Gintama adalah anime yang tidak sombong dan selalu mencoba dekat dengan penontonnya. Adalah sesi khusus dari anime Gintama bertajuk ‘Ginpachi sensei’. Dalam sesi ini, Ginpachi menjawab berbagai macam pertanyaan dari para penonton. Misal pertanyaan bagaimana menggambar karakter anime Gintama, Ginpachi sensei tanpa ragu memberikan tutorialnya yang ternyata punya rahasia besar “Asal kamu bisa menggambar Shinpachi, kamu bisa menggambar seluruh karakter anime ini”. Atau pertanyaan tentang rambut Kamui yang di episode 42 berwarna hitam tapi di ep 139-146 (Yoshiwara Arc) berubah jadi merah, Ginpachi sensei dengan senang hati membuang kartunya sambil bilang “kamu salah”. Terserah Ginpachi sensei lah bebas. 

Jadi gimana udah tertarik nonton Gintama? Semoga berfaedah ya kawan-kawan.


8 komentar:

  1. Wah lengkap yaa, jadi pengen nonton dari awal lagi 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkwk jadi pengen nonton lagi sama kita

      Hapus
  2. bener bro itu yang ane rasain nonton gintama,.anime kedua stelah death note yg ane tonton di pc padahal masih awam sama anime waktu itu eh udah nonton gintama tpi tetep ngakak gara2 gintama jga jdi nonton anime2 yg diparodiin

    BalasHapus
  3. Tambahan... kuroku no tasuke itu cuman parodi dari kuroku no basuke (gak ada)

    BalasHapus
  4. 12 eps awal sgt membingungkan tapi sesdh itu cerita mkn oke

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Geu baca artikel in sambil nonton episode gintoki belajar kamehame,
    KA... ME... HA... ME... HAAAAA
    jhahahahaa😂😂😂

    BalasHapus
  7. awokawokaowk gua ngakak sendiri bacanya anjay

    BalasHapus