Pena Populer

Minggu, 09 Agustus 2015

DRAMA KOREA OH MY GHOST (TVN)


Let’s talk about this drama! Warning, full of spoiler!

Cast
  • Park Bo Young as Na Bong Sun (28, chef's assistant at Sun Restaurant)
  • Jo Jung Suk as Kang Sun Woo (33, chef & owner at Sun Restaurant)
  • Im Joo Hwan as Choi Sung Jae (32, police officer, Sun Woo's brother-in-law)
  • Kim Seul Gi as Shin Soon Ae (virgin ghost, spirit no. 0825)
  • Park Jung Ah as Lee So Hyung (33, PD)
  • Shin Hye Sun as Kang Eun Hee (31, Sun Woo's younger sister, Sung Jae's wife)


Alur Cerita

Drama TVN yang tayang setiap hari Jum’at menggantikan Ex-Girlfriend Club ini, menceritakan seorang hantu bernama Shin Soon Ae yang memiliki dendam perawan. Demi bisa kembali ke akherat, dia mulai merasuki para wanita untuk kemudian melakukan ‘itu’. Namun sayangnya tidak pernah berhasil. Setiap kali tubuh wanita yang dirasukinya berciuman dengan pria maka pria itu akan mengalami serangan jantung. Hal itu membuat seorang dukun harus bekerja keras menghentikan hantu Soon Ae dari kebiasaannya merasuki manusia. Menurut sang Dukun, Soon Ae hanya bisa melakukan ‘itu’ dengan pria ‘bervitalitas tinggi’ (memiliki spiritualitas yg kuat).

Suatu hari, saat Soon Ae melarikan diri dari si dukun, dia masuk ke tubuh seorang gadis bernama Park Bong Sun. Namun saat hendak keluar dari tubuh Bong Sun, roh Soon Ae terjebak. Untuk beberapa waktu, akhirnya Soon Ae harus hidup di dalam tubuh Bong Sun.



Bong Sun adalah gadis pendiam, tertutup dan juga pemalu. Sebenarnya dia memiliki kemampuan melihat hantu, hal itu yang membuatnya selalu ketakutan dan terlihat aneh. Dia sangat membenci hantu, karena tidak jarang hantu-hantu itu merasuki dirinya.

Saat di dalam tubuh Bong Sun itulah, Soon Ae bertemu dengan pria bervitalitas tinggi. Seorang Chef bernama Kang Sun Woo yang tak lain adalah bos dari Bong Sun. Dan ternyata sudah lama Bong Sun memendam perasaan pada si Chef. Kesepakatan pun dilakukan antara Bong Sun dan Soon Ae. Soon Ae boleh mengambil alih tubuh Bong Sun dan membantu Bong Sung mendapatkan cinta Sun Woo. Dan dalam prosesnya, Soon Ae bisa melakukan ‘itu’ dengan Chef untuk bisa kembali ke akherat.

Namun perasaan Soon Ae pada Chef berubah menjadi tulus. Lalu bagaimanakah akhir dari kisah cinta Bong Sun – Soon Ae – Sun Woo? Dan apakah hanya masalah ‘dendam perawan’ yang menjadi alasan Soon Ae tidak bisa naik ke akherat? Atau ada alasan lain?



Akting

Well, nilai plus dari drama ini adalah akting luar biasa dari seorang Park Bo Young (Bong Sun). Saat Park Bo Young dirasuki roh Kim Seul Gi (Soon Ae), dia bisa memerankan karakter Soon Ae dengan sangat baik bahkan sangat mirip dengan karakter Soon Ae.



Kim Seul Gi juga melakukan pekerjaan yang luar biasa di drama ini. Dia menggambarkan karakter Soon Ae dengan baik.


Kisah Cinta

Karakter Bong sun sebenarnya bukan karakter yang menyebalkan walaupun dia seperti wanita egois yang mempermainkan perasaan Sun Woo dengan mengizinkan Soon Ae merasukinya. Walaupun keputusannya melakukan kesepakatan dengan Soon Ae salah, tapi dia bukan gadis jahat. Dia gadis baik hati yang mendirikan bangunan tinggi di sekelilingnya dan menatap Sun Woo dari menara yang sangat tinggi dan jauh. Kemudian saat seseorang berhasil melubangi dinding yang dia bangun, Kang Sun Woo masuk melalui lubang kecil itu.


Bong Sun sadar, orang yang dicintai Sun Woo bukan Bong Sun yang sebenarnya tapi Bong Sun yang dirasuki Soon Ae. Dengan kata lain, bukan dia tapi Soon Ae yang berhasil membuat Sun Woo jatuh cinta.

Sebenarnya, aku lebih suka Sun Woo jatuh cinta sama ‘real’ Bong Sun. Bong Sun berhak bahagia dengan Chef. Terlalu banyak scene antara Bong sun yng dirasuki Soon Ae dengan Sun Woo bikin aku mikir endingnya bakal ‘open ending’. Walaubagaimana pun Soon Ae adalah makhluk astral yang akan pergi ke akherat dan ini semacam gak adil buat Sun Woo maupun Bong Sun.

Tapi, namanya drama kan tergantung gimana pintarnya si writer-nim mengeksekusi setiap konflik. Aku seneng di ep 12, Bong Sun jujur pada dirinya kalau yang di cintai Sun Woo bukan dirinya yang sebenarnya. Dia berani berkata jujur pada Sun Woo walaupun dia tidak tahu apa Sun Woo mempercayai hal itu.

Fakta bahwa sekarang Sun Woo mengetahui kebenarannya (Aku harap Sun Woo percaya dan gak nganggap lelucon) menjadi sangat penting dan krusial. Entah Sun Woo akan semakin jauh dari Bong Sun atau tidak. Aku harap hali ini bisa membuat Sun Woo mulai melihat Bong Sun yang sesungguhnya. REAL Bong Sun bukan Bong Sun yang dirasuki Soon Ae. Apa yang Bong Sun suka, Apa yang Bong Sun inginkan berbeda dengan apa yang Soon Ae suka dan inginkan. Sun Woo haru tahu, semua harus jelas. Ini bagus untuk semua orang, Bong Sun juga akan menjadi diri dia sendiri tidak bersikap seperti Soon Ae. Aku rasa semuanya setuju kalau kita mengharapkan REAL BONG SUN menjadi dirinya sendiri, percaya diri dan tentu saja bahagia.

Bong Sun sebelum bertemu dengan Soon Ae, sebenernya sudah terkoneksi dengan Sun Woo melalui Blog SunShinee miliknya. Dimana Sun Woo menjadi salah satu penggemar blog Bong Sun. Tentu saja Sun Woo tidak tahu kalau itu adalah blog milik Bong Sun. Mereka punya takdir. Dari awal aku yakin, writer-nim semacam kasih sinyal bahwa Bong Sun ditakdirkan dengan Sun Woo dengan proses yang ‘sedikit’ unik.

Rahasia Kematian Soon Ae

Soon Ae sama sekali tidak mengingat dimana dan bagaimana dia meninggal. Belakangan ini dia tahu kalau dia mati bunuh diri. Namun semua yang sudah nonton sampai episode 12 ini pasti tahu kalau itu bukan kasus bunuh diri melainkan pembunuhan. Dan bukan rahasia lagi kalau Polisi Choi adalah orang yang berada di balik semua itu.

Sebenernya Plot twist nya kerasa banget. Karna dari awal aku gak nyangka kalau dia orang jahat. Tapi pas dia nyerempet gerobak pemulung tanpa rasa bersalah, aku ngerasa ada yang gak beres sama dia. Dan tambah yakin pas dia mengabaikan bapaknya Soon Ae yang lagi pingsan.


Aku yakin sebenernya alasan kenapa Soon Ae tidak bisa naik ke akherat bukan karena dia belum pernah melakukan sex dengan pria di masa hidupnya, tapi karena kematiannya yang tidak wajar. Setelah kejahatan polisi Choi terungkap, aku yakin arwah Soon Ae bisa beristirahat dengan tenang.

1 komentar:

  1. seneng bgt ma drama ini meski cuman baca sinopsisnya. tpi menurutku kisahnya unik. semoga pas ensing sunwoo dg bongsun dan soon ae bisa ke akhirat dg tenang. sungjae dihukum atas kasus kematian soon ae. semoga aja.

    BalasHapus